Search

3 Cara Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Tsunami

Liputan6.com, Jakarta - Bencana alam memang sulit diprediksi kapan tepatnya dan di mana lokasi pasti terjadinya. Salah satunya bencana alam tsunami yang bisa terjadi setiap saat tanpa kita duga.

Karena itu, masyarakat perlu mengetahui hal-hal berikut untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi tsunami.

Dalam video animasi yang diunggah Indian Ocean Tsunami Information Center dari UNESCO, di YouTube, Jumat (5/10/2018), dijelaskan tentang runutan dalam mitigasi bencana gempa dan tsunami.

Pertama, keluarga yang sudah berusia lanjut sebaiknya menempati kamar terluar yang paling dekat dengan pintu keluar rumah. Hal ini agar proses evakuasi bencana dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Kedua, agar lebih siap menghadapi tsunami, kita perlu menyiapkan tas evakuasi yang berisi perlengkapan bertahan hidup di kondisi darurat. Isi tas itu di antaranya pakaian, makanan, minuman, kotak obat, radio, baterai cadangan,

Selain itu map plastik yang berisi dokumen penting, kartu identitas, buku beserta alat tulis, korek api dan lilin, serta senter. Usahakan tas evakuasi tidak diisi barang-barang yang tidak penting, dan siap dibawa dalam keadaan ringan.

Ketiga, masyarakat juga perlu membuat rambu-rambu penunjuk arah menuju tempat evakuasi sementara. Palang Merah Indonesia (PMI) juga bisa menyebarkan peta evakuasi karena tidak semua bangunan dapat menahan terjangan gelombang tsunami.

Pemerintah telah mendirikan bangunan yang kuat menahan tsunami yang diberi tanda tempat evakuasi sementara. Bila di daerah Anda tidak ada bangunan itu, maka bukit atau tempat tinggi lain bisa menjadi tempat yang tepat untuk evakuasi sementara. Ada pula sirine yang dipakai sebagai tanda evakuasi.

Masyarakat perlu mengetahui dengan baik rambu-rambu dan petunjuk tsunami agar bisa selamat dari bencana tsunami. (Melissa Oktavianti)

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Let's block ads! (Why?)

Kalo Berita nya Ga lengkap buka link di samping https://www.liputan6.com/news/read/3660089/3-cara-tingkatkan-kesiapsiagaan-hadapi-bencana-tsunami

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Cara Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Tsunami"

Post a Comment

Powered by Blogger.