Search

Akuarium Menakjubkan di Dunia

Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu aktivitas yang bisa membuat warga kota sejenak melupakan beban hidupnya, adalah berwisata sembari melihat satwa di akhir pekan. Kebun binatang pun menjadi lokasi favorit untuk berekreasi, meskipun kondisinya kerap kurang kondusif karena terlalu padat.

Namun bagi mereka yang ingin melihat kehidupan bawah air, biasanya akan memilih wahana rekreasi yang menyajikan 'replika' ekosistem hewan air, baik air tawar maupun air asin.

Setidaknya ada tiga tempat di Jakarta yang membuat konsep ekosistem bawah air serupa dengan aslinya, yakni Sea World, Jakarta Aquarium, dan Dunia Air Tawar.

Bahkan ketiganya menyediakan akuarium raksasa, agar pengunjung bisa merasakan berada di tengah-tengah kumpulan hewan bersirip itu. Sayangnya ketiga akuarium itu tidak masuk dalam daftar akuarium terbesar dan terbaik di Dunia.

Mengutip world cities ranking, berikut adalah delapan akuarium terbesar dan terbaik di dunia.

1. Chimelong Ocean Kingdom, Hengqin - China

Akuarium yang dibuka pada tahun 2014 ini didapuk menjadi akuarium yang terbesar sekaligus terbaik di dunia. Butuh air sebanyak 22,7 juta liter untuk membuat akuarium paling besar di tempat ini terisi penuh.

Sebuah akuarium yang memiliki panel kaca selebar 39,6 meter dengan tinggi sekitar 8 meter, menjadi atraksi utama Chimelong Ocean Kingdom.

Di sini para pengunjung bisa melihat beberapa jenis ikan hiu, termasuk hiu paus yang berukuran besar.

2. Georgia Aquarium, Atlanta - Amerika Serikat

Satu-satunya akuarium yang memiliki koleksi hiu paus ini, menempati posisi kedua dalam akuarium terbesar di dunia.

Total volume air untuk mengisi akuarium utama di tempat ini adalah sebanyak 24 juta liter.

Satwa air di tempat ini terbagi ke dalam lima kategori yakni Tropical Diver, Ocean Voyager, Cold Water Quest, River Scout, dan Dolphin Tales.

[Gambas:Instagram]

3. South East Asia (S.E.A.) Aquarium, Pulau Sentosa - Singapura

Jika ingin melihat wujud ikan pari manta tanpa harus menceburkan diri ke dalam laut, S.E.A. Aquarium adalah salah satu pilihan yang tepat.

Selain ikan pari manta, ada sekitar 800 spesies lain yang menghuni tempat ini.

Sebelumnya, S.E.A. Aquarium adalah yang terbesar di dunia jika diukur dari jumlah air yang ada di dalam akuarium. Untuk membuat seluruh tempat ini terisi air, diperlukan sekitar 45,2 juta liter air.

4. Churaumi Aquarium, Motobu - Jepang

Churaumi Aquarium adalah bagian dari Ocean Expo yang berada di Motobu, Pulau Okinawa.

Ada dua ekor ikan hiu paus, dan hiu macan yang menghuni 'panggung' utama di tempat ini. Akuarium ini merupaan yang terbesar di Jepang.

5. Cube Oceanarium, Chengdu - China

Jika Chimelong Ocean Kingdom didapuk sebagai akuarium terbesar di dunia, maka Cube Oceanarium di Chengdu mendapat predikat sebagai akuarium dengan kaca terbesar di dunia.

Akuarium ini dihuni oleh lebih dari 33 ribu makhluk laut, termasuk ubur-ubur terbesar yang pernah ada di dunia. (agr)

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya ga lengkap buka link di samping https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181016160303-269-338920/akuarium-menakjubkan-di-dunia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akuarium Menakjubkan di Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.