Search

Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar ke-2 di Dunia, Yuk Lakukan Ini

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Minggu (19/8), Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengatakan, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuat di laut.

“Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia, sampah plastik sangat berbahaya," ujar Susi dalam sebuah keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Susi menambahkan, berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastikdi Indonesia mencapai 64 juta ton/ tahun.

Di mana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Tidak hanya itu, kantong plastik yang terbuang ke lingkungan (daratan) sekitar 10 miliar lembar per tahun atau 85.000 ton kantong plastik.

Padahal kita semua tahu bahwa ketika sampah plastik masuk ke laut, mereka dapat terbelah menjadi partikel-partikel kecil yang disebut microplasctics dengan ukuran 0,3 hingga lima mm.

Microplasctics inilah yang sangat mudah dikonsumsi oleh hewan laut. Seperti ikan.

Lalu bagaimana mengurangi sampah plastik? Pertama, Anda bisa menggunakan paper bag sebagai pengganti kantong.

Baca: Bukti Advan G3 Masuk Golongan Ponsel Berlapis Kaca yang Ikuti Tren Zaman

Bawalah paper bag atau tote bag sendiri yang bisa Anda gunakan berulang kali. Ketika orang ingin memberi Anda kantong plastik, bilangnya tidak perlu.

Lalu simpan barang Anda dalam tote bag. Selain lebih mudah, Anda juga bisa membawa barang Anda dengan jumlah yang lebih banyak.

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya ga lengkap buka link di samping http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/15/indonesia-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-ke-2-di-dunia-yuk-lakukan-ini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar ke-2 di Dunia, Yuk Lakukan Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.