Search

Menteri Basuki: Biaya Penataan Palu Baru Capai Rp 6 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jokowi-JK akan merelokasi pemukiman warga korban gempa bumi dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut, total anggaran yang dibutuhkan untuk menata ulang Palu sekitar 6 triliun.

"Masterplan belum jadi, tapi diperkirakan oleh kita Rp 5 triliun-Rp 6 triliun," kata Basuki usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Rencana relokasi permukiman dilakukan lantaran sebagian kawasan di Palu tidak layak untuk dibangun ulang. Misalnya di Petobo dan Balaroa, daerah tersebut mengalami pergerakan tanah dan fenomena likuefaksi.

"Di Palu itu ada tiga hal. Ada gerakan gempa bumi, tsunami dan likuefaksi. Sehingga sudah tidak mungkin dibangun di tempat semula. Ini sudah berubah semua, sehingga kita mau bangun Palu baru," jelasnya.

Basuki menerangkan, pemerintah telah menyiapkan tiga lokasi alternatif untuk Palu baru, yakni Duyu, Tondok, dan Pembewe. Lokasi tersebut jauh dari jalur patahan sesar.

Kendati demikian, pemerintah masih meneliti lebih jauh mengenai kelayakan tiga kawasan itu sebagai tempat relokasi pemukiman warga Palu.

Let's block ads! (Why?)

Kalo Berita nya Ga lengkap buka link di samping https://www.liputan6.com/news/read/3668276/menteri-basuki-biaya-penataan-palu-baru-capai-rp-6-triliun

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menteri Basuki: Biaya Penataan Palu Baru Capai Rp 6 Triliun"

Post a Comment

Powered by Blogger.