Search

Guru Besar Indonesia Akan Bentuk Tim Saksi Ahli Kasus Korupsi

Liputan6.com, Bogor - Majelis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) menilai korupsi di Indonesia sangat memprihatinkan. Karenanya, PTNBH akan ikut berkontribusi memberantas korupsi di Indonesia.

Ketua Komisi A Dewan Guru Besar (DGB) Institut Pertanian Bogor Prof. Priyarsono, menyatakan bentuk kontribusi perguruan tinggi dalam gerakan anti korupsi adalah dengan menjadi pusat pendidikan anti korupsi. Ini karena sebagian besar pelaku korupsi adalah lulusan dari perguruan tinggi.

"Kami akan membentuk tim experts on call atau tim saksi ahli," kata Priyarsono saat sarasehan Anti Korupsi MDGB PTNBH di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Sabtu, 23 Oktober 2018. 

PTNBH akan menghimpun dan mendukung para dosen yang bersedia menjadi saksi ahli untuk menegakkan keadilan dalam perkara peradilan tindak pidana korupsi.

"Banyak kasus di pengadilan yang membutuhkan saksi ahli. Sementara masih sangat sedikit dosen yang berpartisipasi sebagai saksi ahli untuk tegaknya keadilan," kata dia.

Banyak alasan yang membuat dosen masih segan untuk menjadi saksi ahli. Ia memandang karena belum ada kesadaran bahwa posisi itu penting untuk keadilan.

"Ada juga yang khawatir diteror dan kurangnya insentif. Kalaupun ada, sifatnya perorangan. Kedepan kita akan bentuk wadah saksi ahli," ujar Priyarsono.

Di sisi lain, ia juga mengakui bahwa perguruan tinggi saat ini masih belum mampu menghasilkan lulusan yang berintegritas atau memiliki perilaku anti korupsi. Sejauh ini masih pada tahap menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu. 

"Oleh karena itu kami perlu mawas diri, introspeksi. Jika upaya-upaya itu dimulai dari perguruan tinggi, pemberantasan korupsi menjadi efektif," ucap Priyarsono.

Let's block ads! (Why?)

Kalo Berita nya Ga lengkap buka link di samping https://www.liputan6.com/news/read/3650693/guru-besar-indonesia-akan-bentuk-tim-saksi-ahli-kasus-korupsi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Guru Besar Indonesia Akan Bentuk Tim Saksi Ahli Kasus Korupsi"

Post a Comment

Powered by Blogger.