Search

1 Minggu ke Depan, BMKG Sebut Daerah-Daerah Ini Rawan Banjir

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap sejumlah wilayah di Tanah Air berpotensi dilanda banjir sepekan ini. Hal tersebut disebabkan oleh faktor geografis dan curah hujan yang tinggi.

Ketua BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, daerah rawan banjir ini tersebar di sejumlah pulau. 

"Dalam 1 minggu ke depan zona-zona rentan rawan banjir ada di sebaran tektonik aktif pada lereng-lereng perbukitan berada dekat dengan perbukitan rentan longsor seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua," ujar Dwikorita, Jakarta, di Senin (15/10/2018).

Sementara, potensi banjir terkait curah hujan juga ada di Jawa Barat dan sebagian Jawa Timur serta Jawa Tengah.

"Daerah rentan tidak hanya yang saya baca tadi, dikaitkan dengan potensi curah hujan masif, yang rentan adalah Jawa Barat dan Jawa Timur. Jawa Tengah di Brebes, di Garut, Jawa Timur di jember. Hanya terjadinya itu menunggu pemicu," kata Dwikorita di kantor BMKG.

Dia menuturkan, curah hujan ekstrem belum akan terjadi di Pulau Jawa selama satu minggu ke depan. Namun, bisa saja hujan ekstrem terjadi di Pulau Jawa karena adanya perubahan fenomena atmosfir.

Let's block ads! (Why?)

Kalo Berita nya Ga lengkap buka link di samping https://www.liputan6.com/news/read/3668278/1-minggu-ke-depan-bmkg-sebut-daerah-daerah-ini-rawan-banjir

Bagikan Berita Ini

0 Response to "1 Minggu ke Depan, BMKG Sebut Daerah-Daerah Ini Rawan Banjir"

Post a Comment

Powered by Blogger.