Search

Rapor Merah dan Biru Anies Baswedan Selama Setahun Pimpin Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memimpin ibu kota selama setahun. Selama 365 hari itu, kinerja Anies dinilai masih banyak yang perlu dikoreksi agar bisa bekerja semakin baik.

Direktur Eksekutif Komite Pemantau Pelaksana Otonomi Daerah (KPPOD), Robert Na Endi Jaweng, memberikan beberapa catatannya selama satu tahun Anies memimpin Jakarta. Berikut ini rapor merahnya:

1. Perombakan ASN Cenderung Buruk

Endi menilai, Anies tak cakap membenahi urusan rotasi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI. Dia menilai, saat Anies Baswedan mengangkat atau memberhentikan ASN tak sesuai aturan yang ada.

"Untuk birokrasi khususnya ASN-nya, mungkin Anies memang punya kebutuhan mendapatkan ASN yang sesuai visi misi dan kepentingan politik dia, itu sah saja. Tapi proses Anies ketika melakukan memutasi, men-demosi, dan promosi, itu buruk sekali bagi kita yang mempelajari ilmu administrasi publik. Dia enggak ngerti," kata Endi saat berbincang dengan merdeka.com, Senin (15/10/2018).

Anies dinilai tak terlalu mahir dalam proses pembinaan ASN. Disayangkan lagi, kata dia, keberadaan Sekretaris Daerah tak terlalu membantu.

Sekda, sambungnya, juga terlihat tidak terlalu membantu sekali untuk membuktikan bahwa apa yang akan dia lakukan telah sesuai UU ASN terutama dalam hal keterbukaan informasi ASN-nya, kemudian dalam hal rekomendasi Komisi ASN dan seleksi terbuka itu sendiri.

"Dan proses promosi, mutasi dan demosi itu dengan melihat proses yang ada belakangan ini, butuh banyak pembenahan untuk benar-benar mendapatkan ASN yang sesuai kompetensi dibutuhkan, tapi sekaligus untuk mengurangi kecurigaan adanya kepentingan pribadi atau politik dengan memastikan prosedur yang dilakukan itu benar," ungkap Endi.

Jadi, ia menegaskan, kualitas prosedur penting untuk mendapatkan hasil yang bagus. Anies harus punya penilaian kinerja terhadap jajaran eselon 2 minimal 6 bulan penilaian kerja, kemudian itu menjadi dasar untuk melakukan mutasi, promosi, dan ada waktu atau masa bagi yang bersangkutan untuk perbaiki kinerja.

"Kalau tidak juga, baru lelang jabatan," sambungnya.

Let's block ads! (Why?)

Kalo Berita nya Ga lengkap buka link di samping https://www.liputan6.com/news/read/3668505/rapor-merah-dan-biru-anies-baswedan-selama-setahun-pimpin-jakarta

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rapor Merah dan Biru Anies Baswedan Selama Setahun Pimpin Jakarta"

Post a Comment

Powered by Blogger.